Strategi Kebijakan

Dari  analisis  SWOT  menunjukkan  bahwa  LP2M  memiliki  kondisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya dan dipergunakan untuk memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal dan  menghindari  ancaman  eksternal  maka  strategi  yang  digunakan adalah :

  1. Peningkatan  terus-menerus   kuantitas,   kualitas   dan   loyalitas sumber    daya manusia termasuk alokasi waktu untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Pengembangan sarana prasarana yang inovatif dam progresiv.
  3. Revitalisasi pusat-pusat kajian dengan tetap mengedepankan akuntabilitas dan transparansi serta koordinasinya dengan LP2M.
  4. Perluasan jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga di pusat kekuasaan, bisnis dan pusat sumber daya, misalnya lembaga- lembaga nasional dan internasiona
  5. Meningkatkan ekspose media massa untuk IAIN Sultan Amai Gorontalo dan LP2M. Alokasi sumber daya untuk LP2M yang lebih besar dengan berpegang pada azas good governance.
  6. Meningkatkan pembentukan kelompok kelompok peneliti (Research group)

Selain itu Dalam kerangka mengharmonisasi dan mengkoordinasikan Program Penelitian dan pengabdian masyarakat, maka langkah-langkah strategis dilakukan dalam Menentukan arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah :

  1. Melakukan  monitoring  dan  evaluasi  pelaksanaan  penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengkoordinasikan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan atau sen
  3. Mengkoordinasikan penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan   nasional,   wilayah   dan   atau   daerah   melalui kerjasama  antar  perguruan  tinggi  dan  atau  badan  lain,  baik  di dalam dan di luar negeri.
  4. Melakukan kegiatan penyebarluasan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah.
  5. Mengkoordinasikan penerapan  hasil-hasil  penelitian  ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni  tertentu untuk menunjang pembangunan.
  6. Mengkoordinasikan  pelaksanaan        pengabdian        kepada masyarakat   untuk   me- ngembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, baik di dalam dan di luar neger
  7. Melaksanakan   inventarisasi   dan   pendataan   semua   aktifitas pelaksanaan
  8. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di IA
  9. Mengkoordinasikan,     memantau     dan     menilai     pelaksanaan kegiatan pengkajian dan pengembangan penelitian yang diselenggarakan oleh pusat-pusat di bawah koordinasinya.
  10. Menghimpun para peneliti di Universitas dalam klaster lintas disiplin ilmu.
  11. Melakukan koordinasi dengan fakultas dan atau jurusan guna menjamin relevansi antara kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan kegiatan pendidikan.