Sekilas Berdirinya LP2M

Kelembagaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat awalnya dirintis oleh Fakultas Tarbiyah tertua di IAIN Sultan Amai Gorontalo yakni Fakultas  Tarbiyah  yang  merupakan  Filial  dari  IAIN  Alauddin  Makassar tahun  1980-an,  kegiatan  penelitian  dan  pengabdian  pada  masyarakat masih diemban oleh kuasa dekan, Drs. Muhammad N. Tuli, M.Ag kala itu. Seiring dengan perkembangan PTAI yang semakin baik maka pada tahun

1997 terjadi  perubahan status berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 1997 tentang Pendirian Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sultan Amai Gorontalo. Konsekuensi dari Regulasi ini adalah kewenangan untuk mengatur dan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi termasuk pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Seiring   dengan   perubahan   status,   Rektor   IAIN   Sultan   Amai Gorontalo  Drs.  Muhammad  N  Tuli,  M.Ag     tahun  1998  mengangkat Drs. Ridwan Tohopi, M.Si., sebagai kepala Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Pada Masyarakat (LP3M) STAIN Sultan Amai Gorontalo. Kegiatan dan program LP3M mempunyai agenda penelitian dan pengabdian pada masyarakat berupa Kuliah Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI) sebagai pengabungan Praktek Kerja Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada tahun 1999, terjadi pergantian kepala LP3M dari Drs. Ridwan Tohopi, M.Si., ke Drs. Zainur Kundji, M.Pd. Pada tahun ini pelaksanaan PKLI diubah menjadi Kuliah Kerja Sosial Usaha (KKL-U), dengan pertimbangan  peserta  KKN  berasal  dari  berbagai  macam  disiplin  ilmu yaitu, Syariah, Tarbiyah, dan Ushuluddin. Di tahun yang sama 1999, terjadi pergantian Ketua dari Drs. Zainur Kundji, M.Pd. ke Drs. Lahaji, M.Ag. Pada tahun ini pula mulai diterapkan pelaksanaan KKN dengan nama Kuliah Kerja Sosial Usaha (KKL-U) dan dilaksanakan sampai dengan tahun 2003. Memasuki Tahun 2004, seiring dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi,   maka   LP3M   (yang   kemudian   berubah   menjadi   LP2M- Lembaga Pengabdian pada Masyarakat) menerapkan Kuliah Kerja Sosial Berbasis Kompetensi  Keberagamaan  (KKS-BKK)  yang  sedang berlangsung hingga saat ini.

Seiring dengan perubahan status kelembagaan IAIN Sultan Amai Gorontalo  dengan  keluarnya  Keputusan  Presiden  RI  Nomor  91  Tahun 2004,  maka  struktur  kelembagaan  LP2M  menjadi  terbagi  dua  yakni  Penelitian dan Pengabdian. Pejabat Ketua kemudian dipercayakan kepada Tonang, S.Pd. M.A., untuk mengkoordinasikan, merencananakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Restrukturisasi organisasi kelembagaan tahun 2008 menjadi Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) dipercayakan kepada Dra. Hj. Siti Asiah T. Pido, M.M, untuk melanjutkan kegiatan mengkoordinasikan,  merencanakan  kegiatan  pengabdian  pada masyarakat secara integral. Adapun kepala Lembaga Penelitian pada periode  ini dijabat oleh Drs. Moh Hasbi, M.Pd dan Dr. Muh Arif, M.Ag  di tahun 2011.

Perubahan struktur LP2M terus mengalami perkembangan hingga kemudian awal tahun 2013 lahirnya peraturan baru dalam organisasi Tata Kerja dan Struktur organisasi (ORTAKER) baru yakni digabungkannya Dua Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni kegiatan Penelitian dan Pengabdian dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Lembaga ini di ketuai oleh Dra. Aisma Maulasa, M.Hi dan Sekretaris Abdul Latif membawahi; (a) Pusat Penelitian dikepalai oleh Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Pd (b) Pusat Pengabdian pada Masyarakat Dr. Razak Umar dan (c) Pusat Studi Gender & Anak Dr. Hj. St. Asia T. Pido, MM.

Pada   Tahun   2015   mengalami   rotasi,   Dr.   Hj.   Supiah,   M.Pd menduduki ketua LP2M, dan Asna Dilo, M.Pd sebagai sekretaris, kasubag Gandi Rauf, S.Ag. Pusat Penelitian dikepalai oleh Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Pd, Pusat Pengabdian pada Masyarakat Dr. Razak Umar dan Pusat Studi Gender & Anak Hj. Rawiyah Buhungo, M.Pd

Tahun 2017 LP2M kembali mengalami rotasi sehubungan dengan pergantian  rektor  di  IAIN  Sultan  Amai  Gorontalo,  Dr.  H.  Zulkarnain Suleman, M.HI dipilih memimpin LP2M dan Dr. Sulaiman Ibrahim, M.A. sebagai Sekretaris, kasubag Dra. Ruslin Tulen, M.Pd. adapun kepala pusat Penelitian dan Penerbitan dipimpin oleh Dr. Muh. Obie, M.Hum, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat diduduki oleh Dr. Hairuddin, M.Pd, dan Kepala  Pusat  Gender  dan  Anak  Ferlin  Anwar,  M.Fil.I.,  dan  struktur lembaga ini masih berlangsung sampai sekarang.

Tabel Periode Kepemimpinan LP2M