LP2M GELAR PEMBEKALAN MAHASISWA KKS PARTISIPATIF

Lembaga Penelitian dan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo mengadakan pembekalan bagi Mahasiswa semester 7 yang akan turun KKS (Kuliah Kerja Sosial). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni dari tanggal 6 hingga 7 Desember 2016.

Kegiatan pembekalan ini dipusatkan di Auditorium LP2M Kampus satu IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pemateri dalam kegiatan ini berjumlah enam orang. Hari pertama, Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag sebagai pemateri pertama sekaligus membuka kegiatan. Kemudian dilanjutkan berturut-turut oleh Dr.H.Zulkarnain Suleman.M.HI selaku ketua LP2M,  Dr.H.Sopyan AP Kau, M.Ag, dan terakhir Dr.Sofhyan SE.I,MA, dengan judul materi “Penerapan Ekonomi Umat berdasarkan BMT (Baitul Mal Wa Ta’mil )“. Di hari kedua, materi dibawakan oleh Dr.Najamudin Pettasolong,M.Ag,  dan Dr.Razak Umar,M.Pd.

Sekretaris Panitia Pelaksana KKS sekaligus sekretaris LP2M, Dr.Asna Usman Dilo,M.Pd menjelaskan kegiatan “KKS tahun ini berbeda dari sebelumnya yang berbasis Pos Daya dan sekarang menjadi KKS Partisipatif. ” Ada beberapa output yang kami targetkan yakni, pertama mahasiswa diharapkan mampu menjadi motivator dalam menyususeskan program desa, dan mampu membentuk lembaga ekonomi kerakyatan dimasing-masing wilayah. Kedua mahasiswa bisa berpartisipasi aktif dalam bidang Sosial,  Keagamaan, Pendidikan, Ekonomi, Hukum, dan Kesehatan. Dan harapan terakhir adalah dapat mendorong terpeliharanya Infrastruktur sosial berdasarkan kearifan budaya lokal sehingga memperkuat keutuhan bangsa Indonesia.” sambung Dr.Asna Usman Dilo,M.Pd. saat ditemui diruang kerjanya.