7 Jurnal di IAIN Gorontalo Terakreditasi Nasional SINTA

Seluruh sivitas akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo merasa bangga, torehan prestasi yang membanggakan sebagai kado special di awal tahun ini.  Tercatat  berdasarkan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Terbaru: Jurnal Tadbir (Sinta 4) dan Jurnal Irfani (Sinta 5) IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) sekaligus Ketua Rumah Jurnal IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. Sulaiman Ibrahim, M.A.. ditengah kesibukanya menjelaskan bahwa keberhasilan 2 jurnal IAIN gorontalo yang berhasil lolos terkareditasi SINTA tahun ini merupakan suplemen dan menjadi semangat baru untuk terus semakin giat terutama sekali para pengelola jurnal,

Dijelaskan Dr. Emand sapaan akrabnya, bahwa SINTA merupakan sistem untuk memudahkan dalam melakukan pendataan, pemetaan, dan pengukuran kinerja hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari perguruan tinggi dan lembaga litbang dari seluruh Indonesia. 2 Jurnal IAIN Gorontalo yang tergolong masih balita telah mampu bersaing di kancah Nasional tahun ini, betapa tidak karena jurnal IAIN Gorontalo mampu lolos bersiang ketat dengan lebih dari 2000 (dua ribu) jurnal perguruan tinggi seluruh Indonesia, sebagaimana yang termuat dalam surat pemberitahuan bernomor B/1796/E5.2/KI.02.00/2020 tanggal 30 Desember 2020.

“Sekarang sudah 7 Jurnal di IAIN Sultan Amai Gorontalo yang terindeks SINTA, yaitu; Al-Ulum (SINTA 2), Jurnal Al-Buhuts, Lisan, Mizan, Tadbir (SINTA 4), dan Jurnal Ilmiah Al-Jauhari, Irfani (SINTA 5), Insya Allah kedepan semua Jurnal di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo akan terideks Nasional SINTA”, tegas Dr. Emand yang juga dosen tafsir di FUD ini.

Menanggapi hal itu, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr. H. Lahaji mengucap syukur dan selamat serta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengolola Jurnal atas prestasinya.  Tentu tidaklah mudah menumbuhkan, merawat dan apalagi meraih prestasi jurnal terkareditasi SINTA. Rektor berharap capaian ini semakin memompa semangat civitas akademika IAIN Gorontalo untuk semakin giat berkarya,  teruslah untuk berkarya terbaik, mari kita saling support untuk membawa jurnal IAIN Gorontalo, agar dapat masuk ke jajaran Scopus Indeks Jurnal Internasional.